01 October 2011

Rahmawati Fitri (Tropica) - KENING

Hmmm, Rahmawati Fitri atau lebih dikenal dengan sebutan Fitri Tropica atau Fitrop ini telah menerbitkan bukunya yang berjudul KENING. Yap! Mulanya saya juga heran, kenapa tuh buku dikasih nama kening, dengan sampulnya: berisi tulisan kening yang memang berada di jidat alias kening.

Kenapa KENING?

Begini penjelasan di buku itu:

"Setiap kali ngerasa buntu mau nulis apa, tinggal tepok atau remas perlahan keningnya dan voila! Energi ajaib pun lantas meluncur ke kedua jempol tangan yang refleks merangkai susunan kata dan cerita di buku yang 80%-nya gue ketik di notes BB ini.

Kening pun menjadi gerbang memori yang mengemas banyak kisah, kenangan dan imajinasi yang jika tepat dirangkaikan akan bermetamorfosa jadi cerita. Seperti cerita-cerita di balik kening gue ini." (Fitri, 2011:6)

Nah, jelas sudah sekarang kenapa buku tersebut dikasih nama KENING, karena yang terdapat dalam buku itu adalah hasil dari buah karya di balik kening Fitrop yang katanya LEBAR.

Mula saya membaca buku itu, saya tampak kebosanan karena jalan cerita yang banyak menggunakan bahasa campuran antara English and Indonesian. Tapi, setelah beberapa lembar saya membaca buku itu, saya menikmatinya. Saya menikmati tuturan-tuturan Fitrop yang menggunaka English diselipkan dalam tuturan Indonesian. Dan, disitulah letak keunikan buku itu. Memang ada beberapa kata, frasa, atau bahkan kalimat, yang dalam buku Fitrop tidak cocok apabila menggunakan Indonesian.



Dengan menikmati buku itu, saya pun terbawa mundur ke beberapa tahun silam waktu awal kuliah dan masa SMA. Di buku itu, pembaca akan menemukan kisah pop yang diceritakan dengan sangat "MANIS". Fitrop pun tak lupa "menyematkan" pesan-kesannya lewat kisah yang ia ceritakan.

Ada beberapa kisah yang Fitrop ceritakan. Ada tujuh kisah tepatnya. Yang paling saya suka adalah kisah pertama, ialah "Hello, Good Bye!" Ceritanya bagus..............pake banget dehhhh.... JAdi teringat jaman-jaman masih ABABIL saya. Seriuss!

BAgi yang suka teenlit, chiklit, yang berbau pop, dan romantisme masa-masa ABABIL: pokoknya YOU MUST READ THIS BOOK, dehhh! Dijamin, pembaca akan mengalami KATARSIS dari apa yang telah dilakukannya semasa ababil dulu :) --> klik SOUNDTRACK

Selamat membaca!

Fitri, Rahmawati. 2011. Kening. Depok: Terrant.

No comments: