28 Februari 2012

Aku, Kamu, Dia: Judika - Bukan Dia Tapi Aku

Setelah sekian lama menyimpan lagu ini di dalam playlist mp3 HP, ternyata lagu Judika: Bukan Dia Tapi Aku sangat keren! *ulang sekali lagi biar dramatis* SANGAT KEREN! KEREN! KEREN!

Lagi-lagi aku nyesek juga kalau lama-lama mendengarkan lagu ini. Tapi beginilah aku: akan selalu mendengarkan-memutar-menyanyikan lagu yang baru kusuka sampai aku bosan #ketawajin.

Ngemeng-ngemeng soal nyesek. Gimana aku gak nyesek? Berpadu dengan suara sekseh vibra Judika dengan liriknya yang so sad abis, kalau misalnya aku lagi patah hati, aku bakalan semakin nangis darah sampai anemia kalau dengerin lagu ini. Untungnya, pas gak lagi patah hati. Hehehe.

Lirik lagu ini memang menggetarkan hati. Ya sesuailah dengan suara vibra si Judika--8 skala R.

Berkisah mengenai seorang lelaki (Aku) yang ternyata diselingkuhi oleh pacarnya (Kamu). Dan cowok itu (Dia) tidak mengetahui bahwasanya si Kamu telah berselingkuh. Akhirnya, si Aku memilih untuk mundur dan meninggalkan si Kamu dengan orang lain. Padahal, si Aku telah berusaha untuk memahami dan memaafkan si Kamu tapi si Kamu tetap mengulangi kesalahan yang sama.

Sedikit kutipan lirik:
berulang kali kau menyakiti, berulang kali kau khianati, sakit ini coba pahami, kupunya hati bukan tuk disakiti
>> ini perselingkuhan yang dilakukan oleh Kamu.

Bagi yang sedang patah hati karena pacarnya selingkuh, lagu ini sangat cocok buat kamu. Ya, bukannya doain kamu biar patah hati, tapi paling tidak kamu merasakan pahitnya patah hati supaya kamu lebih bisa menghargai cinta, dan memaknai kesungguhan cinta.

Ketika kamu mengalami patah hati, di sisi lain kamu akan menjadi seorang yang sadar akan pentingnya kesetian, romantisme cinta, dan kepercayaan.

11 Februari 2012

Menulis Cerita, Apa yang harus ditulis terlebih dulu?


SOP (Seputar Obrolan Penulisan) CeKers 01 (11 Februari 2012)
Tema: Menulis Cerita, Apa yang harus ditulis terlebih dulu?

Ide udah dapet. Jalan cerita udah kebayang. Sampai endingnya pun sudah kepikiran. Nah, pas mau mulai nih, kok jadi bingung bener ya apa yang mau ditulis. Nah, kalo bingung, jangan lupa tanya ke pulisi. Buat apa kita bayar (pajak) mahal kan? Nah loh apa hubungannya sama pulisi ya?

Lanjoottt! Nah, biar nggak bingung, begini aja deh. Ketika akan mulai menulisan jangan lupa ini ya:
Pertama, mandi dulu biar otaknya encer. Imajinasinya mengalir. Nah, kalo sudah mandi, ya bolehlah lanjut ke no 2. Kedua, Pakai baju dulu ya. Jangan lupa celana juga. Ya, iyalah masak telanjang. Malu sama Boboho. (Apa hubungannya yak? Bodo amat ah!) Nah, yang Ketiga, duduk manis. Jangan lupa minum susu, teh hangat, atau embat cokelatnya Bunda. Asal jangan icip-icip kopinya Ayah ya. Eh, sambil tiduran juga boleh. Kalo sudah, lanjut ke no 4. Nah loh, kapan mulainya nih.

Jika sudah siap semuanya, baru deh ini step stepnya:

1). Siapkan sinopsis
Cerita singkat mengenai keseluruhan ceritamu. Itu yang tadi nongol diimajinasi itu. Singkat aja tapi harus jelas ya.

2). Kerangka cerita
Adalah alur cerita yang akan kalian uraikan.

Setelah kedua langkah itu kamu siapkan, maka sedikitnya kamu tahu bagaimana membuka cerita. Karena, dalam kerangka cerita itu sendiri sudah ada atau sudah terlihat alur ceritanya. Alur maju yang nggak mundur-mundur atau alur mundur yang nggak maju-maju. Atau alur bingung, alur maju mundur. Kok jadi keinget setrikaan ya.

08 Februari 2012

Manusia Setengah Salmon -- Raditya Dika

cover MANUSIA SETENGAH SALMON

Akhirnya dapat juga bukunya Raditya Dika, Manusia Setengah Salmon. Sebenarnya aku juga gak ngerti, kenapa di buku-bukunya Radit selalu ada nama hewan.

Oke, abaikan! Mari bercerita :D

Manusia Setengah Salmon (selanjutnya akan ditulis MSS saja biar gak ribet kelamaan ngetik) berisi 19 kisah yang inspiratif. Ciri khas Radit memang terletak pada komedi yang di akhir kisahnya nanti memberikan motivasi/nasihat atau bahasa kerennya PENCERAHAN. Setelah menamatkan buku Radit, aku jadi berpikir untuk menjadi Salmon. Pantas saja jika buku tersebut diberi judul Salmon, karena ada filosofi dari ikan bernama Salmon itu.

pembatas bukunya lucu, tampilan gilanya Radit juga unik

Membuat cerita komedi memang harus jeli ya. Sungguh geli ketika membaca kisah Radit yang menceritakan ketika Ia ke Piz*a Hut sendirian dan dilayani oleh pramusajinya yang sopannya 200%, lalu bagaimana ia mengangkat cerita sopirnya yang bau badan; tentang seseorang yang tak tahu apa-apa tentang hakikat "dihidangkan" dalam Warung Nasi Padang, sehingga ia menghabiskan semua yang dihidangkan, dsb. Butuh eksplorasi imajinasi yang keren untuk menciptakan komedi.

Membaca kisah humor memang memiliki banyak kelemahan, salah satunya adalah penyesalan (kenapa aku membaca kisah ini gak ketawa, padahal lho yang lain sampai ngakak guling-guling?). Nah... setiap orang memiliki scien of humor berbeda-beda. Ada beberapa bagian dari buku Radit ini yang tidak membuatku ketawa. Tapi ini memang risiki membaca cerita komedi. Cerita komedi memiliki pasarnya sendiri-sendiri. Tapi aku tetep suka sama tulisan Radit.

Yuk, terus berkarya!

Oia, lupa. Mengenai filosofi tentang Salmon. Baca sendiri bukunya yak :)

lebih suka pembatas bukunya kayak gitu: kepala Radit kepenggal x))
Dika, Raditya. 2011. Manusia Setengah Salmon. Jakarta: GagasMedia.

01 Februari 2012

"Jogja Itoe Boekoe"

Jogja memang terkenal dengan kota pelajar: itulah hal pertama kali diungkapkan di pembukaan Pesta Buku Jogja 2012. Dan tema yang diusung untuk menjadi ikon dari Jogja adalah JOGJA ITOE BOEKOE.

Tumben kan aku ikutan acara pembukaan, haha iya. Soalnya dapat kabar dari temen teater, kalo mereka mau pentas. Yauda, aku dateng aja :D kan lumayan tuh dapat snack #ketawajin

Yak, inilah momen yang bisa aku abadikan :)

ini temen-teman Terjal lagi pentas


simbolisasi Jogja itoe Boekoe


ini pementasan tarian dari Kalimantan (kalo gak salah)

Hari pertama ini, aku dapat tiga buku. Lumayan, harga satunya lima rebu hahaha #ngirit. Iya dong jelas!

Tunggu perburuanku beberapa hari ke depan yak :)

Untuk jadwal kegiatan pesta buku Jogja ini bisa dilihat di FB atau blog :)
Nyok, lestarikan membaca buku.....