31 Desember 2010

Ekspedisi: Telaga Sarangan dan Air Terjun Tirtosari

Acara tahun baru 2010 di Madiun
Tahun baru masehi?
ya, sebenarnya saya seorang muslim. tapi ndak tahu kenpa kemarin ketika tahun baru hijriyah, tidak terlalu ramai orang mempersoalkannya. PAdahal mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.. Hmmm... #mikir

Tapi, post ini tidak akan membahas hal itu.. hehe

Saya hanya ingin bersenandung. YA, menyenandungkan hal-hal yang telah terjadi di tahun 2010 dan tahun-tahun sebelumnya. Adakah perubahan? pasti ada tentunya... MAri, amati dulu diri sendiri: ya, tambah gendut, tambah tua, dan tambah-tambah yang lain.. hahaha hanya saya sendiri yang tahu :D

23 Desember 2010

Burjo, Anak kecil, dan Ngompol


Saya memang pecinta warung burjo (begitu kebanyakan mahasiswa menyebutnya. Terkadang malah hanya menyebut BURJO, tanpa kata WARUNG). TEtapi dalam posting ini saya tidak akan bercerita tentang warung burjo.. wkwk *piye to iki?

Posting ini akan di awali dengan cerita di warung burjo :)

Tadi sepulang kuliah, saya mampir ke warung burjo (kepanjangan deh nyebut warung burjo. hmm.. burjo tok aja de) untuk memenuhi hasrat lapar saya. Burjo ini tergolong murah jika dibandingkan dengan burjo-burjo yang lain karena, harga nasi telor dan harga nasi sarden sama2 Rp3.000,00. murah to, dan rasanya tak kalah bersaing (biasanya di burjo lain mencapai kisaran Rp3.500,00 ke atas) *bilang aja bisa ngirit sampe bertahun-tahun haha #ketawa setan

BAHASA GAUL ‘SLANG’ INDONESIA


Posting ini kurang lebih memaparkan posting sebelumnya :D

Bahasa gaul atau biasa disebut dengan slang (bahasa prokem) merupakan ragam bahasa tidak resmi, tidak baku dan  bersifat musiman. Akar dari bahasa gaul adalah bahasa prokem. Bahasa prokem merupakan bahasa preman. Preman biasanya memakai bahasa prokem untuk berkomunikasi agar tidak diketahui oleh orang lain yang bukan  komunitas preman tersebut. Dewasa ini, bahasa prokem tidak lagi menjadi bahasa “rahasia” melainkan menjadi bahasa gaul di suatu daerah atau komunitas tertentu. Berikut beberapa bentuk bahasa gaul yang sering ditemukan dalam percakapan sehari-hari;

21 Desember 2010

‘Kemurnian’ Bahasa Indonesia vs Bahasa Slang


fotonya agak gak nyambung kayaknya :p
Bahasa Indonesia. Hmmm, selayaknya kita bisa dong berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tapi, menurut pengamatan saya, penutur bahasa Indonesia (ragam bahasa baku) kalah jika dibandingkan dengan penutur asing yang belajar bahasa Indonesia. Penutur asing yang belajar berbahasa Indonesia lebih bagus bahasa Indonesianya dari pada penutur aslinya.

Saya heraan, banyak orang yang berkata bahwa bahasa Indonesia itu mudah (dulupun saya juga berpikiran seperti itu) tetapi semenjak menekuini bahasa Indonesia, oke! saya putuskan kl berlajar bahasa Indonesia itu gampang-gampang susah. :D hehe.. Apalagi kalau mengajarkan bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing.

PErnah teman sekelas saya bertanya kepada saya. "APa beda mengerjakan dengan melakukan?"
Teman saya itu, bingung menjawab ketika ditanyai seorang mahasiswi asing yang sedang belajar bahasa Indonesia. Kasusnya itu: Si mahasiswi asing disalahkan ketika membuat kalimat melakukan pekerjaan rumah (PR). yang bener kan mengerjakan PR to? hehe

19 Desember 2010

Dampak Perkembangan Seni Wisata Terhadap Kebudayaan "Mahakarya Borobudur"


8 MAret 2009

Dewasa ini perkembangan seni di Indonesia sangat variatif. Banyak budaya yang masuk di Indonesia dan berkembang sehingga terkadang muncul kebudayaan baru akibat dari perkembangan pola pikir masyarakat. Salah satunya adalah pertunjukan Sendratari ‘Mahakarya Borobudur’ yang lebih digiatkan lagi untuk menghidupkan suasana malam candi Borobudur, Jawa Tengah. Ini dilakukan karena biasanya setelah pukul 18.00 WIB Borobudur telah ‘habis’, dan untuk menghidupkan wisata malam yang menakjubkan maka diselenggarakanlah Sendratari tersebut.

11 Desember 2010

Malam-malam, ngapain?

kamar saya yg setia menemani malam-malam saya
Tiap malam apa yang kalian lakukan guys? Langsung pelukan sama guling? ngelamunin pacar? ato keingetan sama suatu barang yang akhirnya ketemu juga setelah berbulan-bulan hilang? ato mungkin keingetan utang sama aa' burjo? wkwkwk #mahasiswa bangettt

Ha!!! :) hehe... Setiap orang pasti mengalami hal tersebut. Begitu juga dengan saya. Sering kali saya susah tidur karena entahlah--memikirkan suatu hal. Ya, banyak hal. Mungkin salah satunya ada di pertanyaan di paragraf pertama itu :D hehe #curcol

Novel Garis Tepi Seorang Lesbian (karya Herlinatiens)

Agak narsis sama bukunya, ndak papa :p
Setelah saya menamatkan Garis Tepi Seorang Lesbian (GTSL) maka inilah saat yang tepat untuk mereview hehe... mumpung masih anget-anget. Dan yang saya suka dari seorang Herlinatiens, ramah :D
Abisnya aku nulis di dindingnya dicoment ahahaahhah #lebay Ini buktinya
Saya dan Herlinatiens
Bagi yang belum mengenal Herlinatiens, sila kunjungi FB-nya Herlinatiens
Herlinatiens yang akrab dipanggil Lina ini mengawali karier kepenulisannya dengan novel pertamanya GTSL. GTSL ini, sesuai dengan judulnya, memang mengisahkan tentang seorang lesbian. Apakah ada yg tak tahu lesbian itu apa? Sila cari sendiri infonya di searching web #sukurin.

06 Desember 2010

Relasi Makna: Homonimi dan Hiponimi

1. Pemetaan Materi Diskusi

2. Rumusan Hasil Diskusi
2.1. Homonimi
Homonimi (Inggris: homonymy) berasal dari bahasa Yunani Kuno,
onoma = nama
homos = sama
Secara harfiah homonimi bermakna nama sama untuk benda yang berlainan. Jadi, homonimi merupakan hubungan dua kata atau lebih yang secara kebetulan memiliki pola bunyi yang sama, tetapi maknanya berbeda. Hubungan homonimi berlaku timbal balik.

04 Desember 2010

Sepenggal kisah hidup saya dengan "KUCING" meong

Kucing yg sekarang masih menghuni di rumah
Saya termasuk dalam golongan orang yang fanatik dengan kucing. Tapi, agaknya, saya memang terlalu berat di harga apabila ada yang menawarkan kucing persia atau sejenisnya (secara masih nodong sama ortu). Kecintaan saya terhadap kucing tak mengikat saya untuk mencari kucing yg semahal itu. (bilang aja ngirit, gak punya duit #nyindir)

Ya, namanya juga hidup di desa #katrok. Banyak yang membuang kucing sembarangan. Dan, yang saya suka, beberapa dari mereka selalu ada yang tinggal di rumah saya. (nebeng idup). Kebetulan, dulu saya tinggal bersama dengan alm kakek dan alm nenek saya. Mereka tidak terlalu suka dengan kucing. Mereka hanya suka kucing apabila kucing tersebut bisa menangkap tikus (ya, tau sendiri, secara di desa, masih banyak tikus berkeliaran). Untung saja, berkat kegigihan saya yg selalu membelai kucing, alm nenek akhirnya selalu memberi mereka makan. (makan ala kadarnya, pastinya). Berikut salah dua kucing yg bisa diabadikan.

02 Desember 2010

Harap

mendung menutupi tudung matahari yang megah
burung-burung mencari perlindungan dengan lincah
ranting tertiup angin dan membuatnya goyah

aku tak mau seperti mendung itu
aku tak mau seperti burung-burung itu
aku tak mau seperti ranting itu

biar aku hidup dengan caraku
biar aku hidup dengan jalanku
biar aku hidup dengan pilihanku

menjadi akar pohon yang kuat
menjadi bangunan megah
menjadi intan dan permata