25 February 2010

Diklat Jurnalistik (DJ) 2010 -hari pertama-

Diklat Jurnalistik (DJ) 2010
Oleh HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri) UGM yang didukung oleh Tim Diklat Kompas

Diklat jurnalistik yang dilaksanakan tanggal 3-6 Februari 2010 di ruang KPTU lantai dua diikuti oleh 61 peserta. Peserta tidak hanya dari golongan mahasiswa tetapi juga terbuka oleh umum.

Berikut ceritaku sebagai seorang peserta DJ 2010 ^^

Hari pertama/ Rabu, 3 Februari 2010/ pukul 08.00-16.00
Peserta diberi materi oleh tim diklat Kompas. Pematerinya yaitu Mas Luwi, Mas Pepih, Mas Wisnu, Mas Cahyono, Mas Pudjo, dan Mas Santoso. Perlu diketahui bahwa panggilan Mas tidak merujuk kepada usia, tetapi lebih merujuk kekerabatan (lebih terasa kekeluargaannya).

Materi yang diberikan oleh Tim juga bervariasi. Tentang peranan media dan lembar daerah oleh Mas Pudjo, kewartawanan oleh Mas Luwi, nilai berita dan jenis berita oleh Mas Wisnu, menulis cepat oleh Mas Pepih, selukbeluk wartawan beserta tetekmbengek-nya oleh Mas Santoso serta merangkap sebagai moderator dalam diskusi, juga desain grafis koran (pada hari ketiga) oleh Mas Cahyono.

Hari pertama dibentuk sepuluh kelompok untuk menjalankan tugas yang akan diberikan oleh Tim. Kelompok sudah ditentukan oleh Panitia. Saya ada pada kelompok tujuh yang terdiri dari enam orang. Mereka adalah: saya, Riesa (mahasiswi Teknik Industri UGM ‘08), Aga (siswa kelas 2 SMA N 3 Jogjakarta), Sisca (Mahasiswi Atmajaya Jogjakarta ‘09), Rizki (mahasiswa UIN Jogjakarta ‘06), dan Diansuci (umum, sudah lulus kuliah).

Tugas yang diberikan adalah peliputan/praktik lapangan dan pencarian data oleh tiap-tiap peserta. Jadi, satu kelompok akan menghasilkan enam berita/artikel.

Usai diklat hari pertama, kelompok tujuh mulai berkumpul mendiskusikan topik berita atau artikel yang akan ditulis. Untuk tulisan ini, para peserta agaknya diwajibkan untuk bisa bekerja sendiri.

SAya heheheh.. saya mengambil topik tentang Portal semi-otomatis UGM. Betapa semangatnya saya. Cerita lebih lanjutnya akan saya tulis di hari berikutnya.... tunggu kelanjutannya :)

Maaf, foto Riesa tidak ada... Foto yang saya dapat cuma itu.

No comments: